Kamis, 10 Mei 2012

Masjid-Masjid Unik di Indonesia

Masjid
Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid yg berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan - kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Nah, kali ini sy akan memberitahukan beberapa masjid unik yg ada di Indonesia.


1. MAsjid An Nurumi

Masjid An Nurumi merupakan salah satu tempat ibadah umat muslim yang terletak di tepi jalan Solo Km 15, Candisari Kalasan Yogyakarta dan memiliki keunikan tersendiri pada arsitekturnya.
Keunikan Masjid yang mendapat julukan Masjid permen ini, dapat terlihat dari atap kubah Masjid yang di desain berwarna-warni mirip dengan bangunan di Moscow, Rusia.


2. Masjid Bawah Tanah Tamansari

Masjid Taman Sari atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Bawah Tanah, terletak di dalam kawasan keraton Yogyakarta dan juga merupakan salah satu fasilitas yang terdapat di komplek Taman sari atau komplek permandian Raja Yogya. Masjid bawah tanah ini, memiliki arsitektur yang unik yaitu berbentuk melingkar dengan rongga-rongga jendela di masing-masing sisinya. Terdiri dari dua lantai dimana lantai bawah dipakai oleh jemaah wanita dan lantai atas untuk jemaah pria. Di setiap lantai dapat kita temui ruangan tersendiri untuk imam yang memimpin solat. Kedua lantai dihubungkan dengan lima buah tangga yang melintang ditengah-tengah ruangan masjid tersebut, disertai kolam untuk berwudhu tepat di bawah tangga.

3. Masjid Cipari

Masjid Cipari atau Masjid Al-Syura, adalah salah satu masjid tertua di Garut, Jawa Barat. Sebuah masjid pesantren yang cukup unik karena mirip dengan bangunan gereja dengan bentuk bangunan memanjang dengan pintu utama persis ditengah-tengah bagian muka bangunan, Menaranya yang terletak di ujung bangunan persis diatas pintu utama. Masjid Cipari ini juga memiliki sejarah perjuangan, karena dahulu digunakan sebagai basis perjuangan rakyat dan tentara.


4. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus disebut juga sebagai mesjid Al Aqsa dan Mesjid Al Manar adalah mesjid yang dibangun oleh Sunan Kudus. Keunikan dari bangunan masjid ini adalah menara berbentuk candi bercorak Hindu Majapahit. Bentuk arsitekturalnya yang sangat khas untuk sebuah menara masjid itulah yang menjadikannya begitu mempesona. Keunikan lainnya, mesjid ini dibangun dengan menggunakan batu dari Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Mesjid ini terletak di kabupaten Kudus, Jawa Tengah.


5. Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Cheng Ho, atau juga dikenal dengan nama Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya, ialah bangunan masjid yang menyerupai kelenteng (rumah ibadah umat Tri Dharma). Masjid ini didominasi warna merah, hijau, dan kuning. Ornamennya kental nuansa Tiongkok lama. Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda, terdapat juga relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafaz Allah dalam huruf Arab di puncak pagoda. Di sisi kiri bangunan terdapat sebuah beduk sebagai pelengkap bangunan masjid. Pembangunan masjid ini diawali dengan peletakkan batu pertama 15 Oktober 2001 bertepatan dengan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW.


6. Masjid Perahu

Masjid Al Munada Darussalam atau yang terkenal dengan sebutan Masjid Perahu adalah sebuah Masjid yang berdiri diantara megahnya gedung-gedung mewah di sekitar kawasan Casablanca Menteng Dalam, Jakarta Selatan. Walaupun Masjid ini tak setenar Masjid Kubah Mas atau Masjid Istiqlal, namun tempat ibadah ini mampu mencuri perhatian masyarakat. Masjid yang mampu menampung sekitar 60 jamaah ini, memiliki sebuah bangunan berbentuk perahu, dimana bagian samping perahu adalah tempat untuk berwudhu. Selain itu keunikan dari Masjid yang terinspirasi dari kisah Nabi Nuh ini adalah adanya sebuah guci, tasbih besar dan batu mulia yang diletakan di mimbar serta Al-Quran rasaksa berukuran 1×1,5 meter dengan tebal 30 cm yang dikelilingi aneka macam batu mulia dari berbagai daerah.


7. Masjid Pintu Seribu

Masjid Nurul Yakin lebih dikenal dengan sebutan masjid pintu seribu atau masjid Sewu (seribu) memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan masjid lainnya karena mesjid ini memiliki seribu pintu. Keunikan lain dari masjid ini ialah ruang bawah tanah, ruangan yang biasa dipakai untuk berzikir. Disini anda dapat menyaksikan sebuah tasbih super besar yang terbuat dari kayu. Pada saat anda berkunjung ke ruang bawah tanah, pemandu sengaja mematikan lampu dan mengajak pengunjung untuk melakukan doa bersama, dengan begitu anda akan membayangkan saat-saat di alam kubur yang begitu pengap, gelap dan sempit. Masjid pintu seribu ini menjadi salah satu tempat paling menarik bagi wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal tapi wisatawan asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar